10 Rekomendasi Sepeda Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

10 Rekomendasi Sepeda Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

  Mari Berolahraga dengan Sepeda Fitness! Inilah 8 Rekomendasi Sepeda Fitness  Terbaik untuk Anda

Sepeda fitness atau spinning bike merupakan peralatan olahraga yang praktis digunakan di rumah. Alat ini sangat efektif untuk pembentukan otot maupun diet. Baru-baru ini banyak pilihan sepeda fitness, seperti tipe yang minim suara atau tipe yang bisa mendeteksi detak jantung. Bahkan, ada juga tipe yang mampu mengukur jumlah kalori dan menyesuaikannya dengan berat badan Anda!

Dengan banyaknya variasi, mungkin Anda kebingungan dalam menentukan pilihan. Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih sepeda fitness yang baik berikut rekomendasinya. Mari simak artikel berikut!

Olahraga Indoor Yang Mudah Ditekuni

Sepeda fitness memudahkan Anda berolahraga dari dalam ruangan. Namun, kebanyakan orang yang baru memulai diet lebih memilih olahraga lari. Tanpa disadari, mereka kelimpungan memilih baju lari atau peralatan yang tepat untuk berolahraga. Bahkan, saat sudah siap untuk berlari, cuaca bisa saja tidak mendukung dan terpaksa menyerah untuk berolahraga hari itu. Kami merekomendasikan sepeda fitness yang dapat dipakai indoor agar terhindar dari masalah seperti itu.

Dengan adanya sepeda fitness, siapapun dapat dengan mudah memulai kebiasaan berolahraga dan menekuninya. Tentu saja, kalori yang dibakar saat berlari lebih banyak daripada bersepeda. Namun, Anda akan lebih mudah konsisten sehingga lebih baik hasilnya.

Periksa Stok Barang Sebelum Membeli

Pandemi virus Corona menyebabkan banyak produk peralatan olahraga indoor memiliki stok terbatas, termasuk, sepeda fitness. Untuk itu, pastikan Anda mengecek status stok barang yang tersedia. Produk yang kami rekomendasikan merupakan data dari stok yang tersedia saat penulisan artikel ini. Karena itu, silahkan cek sekali lagi ketersediaan barang sebelum memesan produk.

Cara Memilih Sepeda Fitness (Spinning Bike) Terbaik

Kali ini, kami akan membahas poin-poin pemilihan yang penting diperhatikan sebelum membeli sepeda fitness. Jadikanlah ini sebagai referensi agar Anda dapat memilih produk yang sesuai!

Pilih Bentuk Sepeda Fitness Yang Sesuai

Berdasarkan bentuknya, sepeda fitness dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu upright, recumbent, dan spin bike. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Tipe upright yang penggunaannya mirip dengan sepeda biasa

Penggunaan tipe upright mirip seperti sepeda biasa. Tipe ini sangat cocok untuk pemula dan harganya cukup terjangkau. Bisa dikatakan, ini adalah sebagai tipe paling umum untuk sepeda fitness.

Beban latihan pada tipe ini tergolong ringan sehingga kurang cocok bagi Anda yang menginginkan olahraga berat. Namun, tipe ini ideal untuk Anda yang sedang diet. Dengan tipe ini Anda bisa melakukan latihan aerobik dalam jangka waktu lama sehingga kaki, perut, dan pinggang bisa menjadi lebih ramping. Anda juga bisa menyesuaikan posisi pegangan tangan dan dudukan agar lebih nyaman.

 

Tipe recumbent untuk posisi tubuh yang lebih nyaman

Recumbent berarti berbaring. Sesuai artinya, sepeda fitness dapat digunakan dengan posisi tubuh merebah karena memiliki sandaran. Anda dapat berlatih dengan posisi berbaring atau setengah berbaring sambil mengayuh pedal sepeda fitness. Karena itu, berlatih dalam waktu lama dengan beban lebih ringan pada pinggang pun jadi memungkinkan. 

Tipe ini sering ditemukan di pusat rehabilitasi karena cara kerjanya yang meringankan tekanan pada pinggang dan lutut. Tidak heran bila tipe ini disarankan untuk mereka yang sering menderita nyeri pada area tersebut. Anda yang ingin memperbaiki stamina tubuh dan meningkatkan kinerja jantung pun akan cocok dengan tipe ini. Sayangnya, tipe ini berukuran cukup besar dan memakan lebih banyak tempat dibanding tipe lainnya. Namun, kestabilannya membuatnya ideal untuk orang yang belum terbiasa berolahraga. 

Tipe spin bike untuk olahraga full training

Tipe spin bike merupakan tipe yang digunakan seperti sport bicycle. Anda harus mencondongkan tubuh Anda ke depan saat menggunakannya. Tipe ini memiliki ciri khas roda yang besar dan berat sehingga beban di kaki terasa lebih terasa. Anda dapat menggunakannya untuk latihan full training.

Ketahanannya baik sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan latihan berat, seperti HIIT (high-intensity interval training). Bisa dikatakan bahwa tipe ini lebih cocok untuk para profesional dan tidak dianjurkan untuk pemula.

Cek Beban Pada Sepeda Fitness

Sepeda fitness bekerja dengan memberikan beban latihan berdasarkan berat pedal saat dikayuh. Anda juga bisa menyesuaikan beban yang diinginkan. Terdapat empat jenis metode untuk menyesuaikan berat beban yang Anda inginkan. Mari bahas satu-persatu!

Tipe Belt Dengan Harga Terjangkau

Tipe ini menggunakan sabuk khusus yang dikaitkan pada roda sehingga memberikan beban pada kaki setiap kali mengayuh pedal. Beban kayuhnya tidak berat sehingga cocok untuk Anda yang hanya ingin berolahraga ringan. Harganya juga cukup terjangkau dan memiliki banyak varian.

Sepeda fitness tipe ini juga tidak menggunakan listrik sama sekali sehingga lebih hemat. Namun, sabuk akan mengedur seiring dengan penggunaan sehingga harus diganti secara berkala. Selain itu, suara yang dihasilkan tipe ini cukup keras sehingga Anda perlu memperhatikan keadaan sekitar saat menggunakannya.

Tipe Magnet Yang Tidak Berisik

Tipe ini menghasilkan beban dari daya magnet pada roda sehingga tidak berisik. Hal tersebut karena magnet tidak langsung menyentuh roda. Rentang beban yang dapat disesuaikan pun cukup luas. Namun, sepeda tipe ini memiliki beban yang masih tergolong ringan. Karena itu, tipe ini lebih cocok untuk orang yang ingin diet atau sekedar ingin berolahraga ringan saja.

Banyak sepeda fitness jenis upright yang dioperasikan dengan sistem beban magnet ini dan harganya pun cukup terjangkau. Ada produk yang memerlukan listrik dan ada yang tidak. Karena itu, pastikan Anda mengecek spesifikasi produk dengan teliti sebelum membeli.

 

Tipe Elektromagnetik yang Multifungsi

Tipe ini dapat digunakan untuk Anda yang ingin berolahraga ringan maupun full training. Pengaturan bebannya pun lebih beragam daripada tipe magnet. Selain dapat digunakan secara terus-menerus hingga ±100 menit, tipe ini pun tenang karena menggunakan teknologi non kontak seperti tipe magnet. 

Namun, bobotnya cenderung berat dan memerlukan daya listrik dalam penggunaan. Harganya juga lebih mahal dari tipe lainnya. Walau begitu, tipe ini dapat memenuhi kebutuhan olahraga Anda, baik diet maupun latihan fisik total.

Tipe Bermetode Gesek Untuk Olahraga Berat

Gesekan banyak digunakan pada sepeda fitness jenis spin bike, dimana setiap gerakan pedal akan menyentuh rem sehingga menimbulkan beban yang lebih berat. Sepeda fitness tipe ini pun dapat digunakan dalam waktu lama sehingga cocok untuk Anda yang ingin berolahraga berat. Selain itu, suara yang dihasilkan relatif kecil sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakannya kapan pun.

Meski kebanyakan produk tidak memiliki batasan waktu penggunaan, ada juga produk yang memiliki batasan lama penggunaan secara kontinu. Hal ini karena gesekan menghasilkan panas yang perlahan-lahan dapat merusak mesin. Tipe ini lebih ideal untuk orang yang memiliki pengalaman berolahraga.

Pilih Yang Sadelnya Dapat Disesuaikan

Postur tubuh yang tidak tepat dapat mengurangi efektivitas olahraga meskipun Anda menggunakan sepeda fitness berkinerja tinggi. Untuk bisa menyesuaikan postur tubuh, pilihlah produk dengan sadel yang dapat diatur letaknya.

Pastikan panjang kaki Anda sesuai dengan tinggi sadel. Untuk pemula, gunakanlah rumus perhitungan berikut : tinggi tanah ke sadel = panjang inseam (kaki bagian dalam) x (0,86 hingga 0,88 cm). Sadel yang tepat dapat meringankan tekanan pada pinggang dan lutut. Pilihlah sadel sepeda yang mampu disesuaikan ketinggian dan posisinya untuk efektivitas olahraga yang lebih baik.

Pilih Produk Sesuai Dengan Kondisi Ruangan

Demi kenyamanan dan efektivitas penggunaan, pilihlah sepeda fitness yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Kami juga merekomendasikan memilih sepeda fitness yang bisa dilipat sehingga praktis disimpan saat tidak digunakan.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen, ada baiknya memilih produk yang tidak berisik. Produk yang terlalu bising dapat menggangu tetangga Anda. Sebagai peredam suara, gunakanlah matras olahraga atau yoga mat sebagai tatakan sepeda fitness setiap kali digunakan.

Fitur Monitoring Sebagai Poin Plus

Fitur tambahan yang tepat dapat membuat olahraga menjadi lebih efektif. Sebisa mungkin, pilihlah sepeda fitness dengan fitur tambahan yang Anda butuhkan.

Fitur Pengukur Detak Jantung Untuk Menunjang Olahraga

Apabila Anda ingin membeli sepeda fitness untuk tujuan diet atau kesehatan, fitur pengukur detak jantung akan sangat bermanfaat. Pembakaran kalori akan menjadi lebih efektif saat detak jantung dalam kondisi maksimum. Sebagai informasi, Anda bisa menggunakan rumus ini untuk menghitung detak jantung maksimum : 220 - usia Anda = detak jantung maksimum.

 

Ada dua jenis sistem pengukuran detak jantung. Pertama, mengukur detak jantung dari genggaman tangan Anda di kemudi sepeda. Lalu yang kedua, mengukur detak jantung dari telinga. Sistem kedua lebih praktis karena tangan menjadi bebas bergerak saat bersepeda.

Pertahankan Motivasi Dengan Mengetahui Kalori, Jarak, Dan Kecepatan Bersepeda

Salah satu cara menjaga motivasi saat berolahraga untuk tujuan diet adalah mengetahui jumlah kalori yang telah dibakar. Sedangkan untuk orang yang hanya ingin latihan, produk yang dapat mengukur jarak tempuh bisa menjadi pilihan. Ini juga salah satu cara untuk merencanakan intensitas latihan Anda dan meningkatkan motivasi berolahraga.

Anda bisa berolahraga dengan lebih efektif jika mempertahankan kecepatan konstan. Karena itu, pilihlah produk yang mampu mengukur kecepatan. Untuk olahraga ringan dan diet, kami sarankan untuk melakukan 50-60 kayuhan per menit.

Produk Rekomendasi Khusus

Sepeda Statis Total Fitness
Sepeda Statis 1Jtaan
Spinning Bike Terbaik

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang sepuluh rekomendasi sepeda fitness di atas? Apakah Anda sudah menentukan produk yang akan Anda beli? 

Bagi Anda yang bekerja di kantor dan tidak sempat ke gym atau olahraga outdoor, tentunya membeli sepeda fitness akan sangat bermanfaat. Tidak ada lagi alasan untuk menunda berolahraga karena cuaca yang tidak kondusif! Dengan berolahraga teratur, tentunya tubuh akan lebih sehat dan bugar.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Alat Fitnes Home Gym - Harga Home Gym Terbaik November 2020

Hal ini Wajib Anda Diperhatikan Sebelum Membeli Treadmill

Yukk, Bikin "Home Gym" dari 7 Ide Berikut ini …